6 Cara merokok yang baik dan benar



Tidak dapat dipungkiri lagi jika rokok merupakan sesuatu yang berbahaya. Rokok dibuat dengan bahan utama menggunakan tembakau dan mengandung berbagai zat yang merugikan tubuh. Salah satu zat nya adalah nikotin. Nikotin dapat meningkatkan resiko serangan jantung, karena zat racun yang terdapat dalam nikotin dapat mengeraskan pembuluh arteri serta penumpukan lemak pada pembuluh arteri jantung. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita tidak pernah merokok dan bagi perokok untuk coba berhenti merokok. Sebelumnya saya juga telah membahas cara untuk bisa berhenti merokok dengan mudah.

Berhenti merokok tidak semudah yang dipikirkan dan tidak sesulit yang dibayangkan, selama ada niat maka pasti ada jalan. Namun jika sampai saat ini kita tidak bisa berhenti merokok, maka merokoklah dengan baik dan benar. Walaupun merokok itu sendiri sudah benar benar salah.

Berikut 6 cara merokok yang baik dan benar :

1. Hindari merokok di pagi hari

Merokok dipagi hari dan ditemani dengan secangkir kopi, sudah menjadi ritual yang begitu nikmat dan sulit ditinggalkan. Namun merokok seperti itu tampaknya harus mulai kita tinggalkan. Merokok pada awal hari lebih berbahaya dibandingkan merokok pada siang hari ataupun malam hari. Berdasarkan penelitian, merokok pada pagi hari atau tepatnya dalam kurun waktu 1 jam setelah bangun tidur akan meningkatkan resiko terjadinya kanker paru paru, leher dan kepala. Dikarenakan tingkat nikotin dan racun lainnya pada dalam tubuh lebih tinggi serta merokok pada pagi hari juga menyebabkan lebih kecanduan jika dibandingkan perokok yang tidak sering merokok dipagi hari.

2. Hindari merokok setelah makan

Salah satu saat yang nikmat untuk merokok adalah setelah makan, apalagi makan makanan yang pedas. Namun ternyata kegiatan ini sangat berbahaya bagi tubuh, walaupun merokok itu sendiri memang sudah berbahaya. Merokok setelah makan bahayanya sama dengan merokok 10 batang sekaligus. Ini semua dikarenakan sesaat setelah kita makan peredaran darah disaluran pencernaan meningkat. Sehingga kandungan berbahaya dari rokok akan mudah menyerap sampai nantinya akan merusak jaringan otak besar, hati, pembuluh darah dan jantung.

3. Hindari merokok dalam posisi tidur

Merokok sambil tidur adalah cara yang tidak baik untuk merokok. Bahkan merokok sambil tidur dapat langsung membahayakan nyawa bagi perokoknya. Bagaimana tidak, jika merokok dengan posisi tidur kemudian kita tersedak asap dan masuk paru paru, nyawa adalah taruhannya. Untuk itu salah satu cara baik dan benar untuk merokok adalah menghindari merokok dengan posisi tidur. Selain itu merokok sambil tiduran juga berbahaya bagi lingkungan tempat anda merokok. Jika anda merokok sambil tiduran dikamar kemudian karena rasa ngantuk yang begitu dahsyat anda akhirnya tertidur tanpa mematikan rokok yang telah menyala. Dapat dibayangkan jika akhirnya rokok itu mengenai barang barang yang mudah terbakar hingga terjadinya kebakaran.

4. Hindari merokok sambil minum kopi

Tak ada yang bisa menandingi kenikmatan merokok sambil minum kopi. Kombinasi keduanya bagaikan sebuah perpaduan antara musik dan lirik yang menciptakan sebuah lagu yang indah. Namun dibalik kenikmatan tersebut, tersimpan bahaya yang mengancam kesehatan kita. Nikotin pada rokok dan kafein pada kopi memiliki peran yang sama yaitu dapat memacu jantung lebih cepat. Ketika nikotin bertemu dengan kafein, maka mereka akan saling menguatkan sehingga jantung akan bekerja terlalu cepat. Beban yang ditanggung jantung akan meningkat dan lama kelamaan akan cepat rusak.

5. Hindari merokok secara terus menerus

Berilah jeda waktu ketika anda merokok dari batang rokok pertama dengan batang rokok berikutnya meskipun keinginan untuk merokok sudah tak tertahankan lagi. Beri jeda waktu minimal 25 menit sampai anda menyalakan lagi rokok selanjutnya. Dengan memberi jeda waktu tersebut, maka kita akan memberikan waktu untuk paru-paru menghilangkan sisa asap pada rokok sebelumnya melalui pernapasan normal kita.

6. Hindari merokok dalam keadaan perut kosong

Merokok setelah makan memang berbahaya, namun merokok dalam keadaan perut kosong juga tidak mengenakan. Merokok dalam keadaan perut kosong akan membuat anda mual, ini semua dikarenakan asam yang ada pada lambung anda terlalu berlebihan. Pada saat anda merokok, asam lambung akan berinteraksi dengan senyawa yang dihasilkan asap rokok yang akhirnya berakibat pada ketidakseimbangan asam lambung anda. Dan pada akhirnya rasa mual akan menyerang.

Selain menghindari semua kegiatan diatas supaya dapat merokok dengan baik dan benar, juga selalui imbangi dengan asupan nutrisi. Nutrisi bisa anda dapat dengan mengkonsumsi sayuran dan buah buahan. Serta perbanyak minum air mineral, karena air mineral memiliki banyak manfaat untuk diri kita.

Walaupun merokok memiliki cara agar baik dan benar, namun merokok tetaplah merokok. Sebuah kegiatan yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Sebisa mungkin untuk dihindari, jika telah merokok maka sebisa mungkin berhentilah. Lihatlah keadaan disekitar kita, coba untuk lebih peduli dengan kesehatan mereka yang tidak merokok.

Dikutip dari berbagai sumber






Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "6 Cara merokok yang baik dan benar"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top