Bahaya !!! 8 Hal ini membuat anda kecanduan



Setiap orang pasti memiliki sesuatu kegiatan yang mereka sukai, bahkan ada yang sangat-sangat menyukai kegiatan itu hingga kecanduan. Kecanduan itu sendiri adalah kondisi dimana saat tubuh atau pikiran kita dengan parahnya menginginkan sesuatu untuk bekerja dengan baik. Saat kita mengalami kecanduan maka kita selalu akan menginginkan kegiatan tersebut hingga menjadi kebutuhan untuk kita.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 8 hal yang bisa membuat kecanduan :

1. Rokok

Tak dapat dipungkiri lagi jika rokok merupakan salah satu barang yang dapat membuat kecanduan. Kenapa rokok dapat menyebabkan kecanduan ? Tak lain dan tak bukan adalah akibat dari nikotin. Nikotin merupakan zat yang sangat membuat ketergantungan. Nikotin mempengaruhi keseimbangan kimia pada otak, khususnya dopamine dan norepinephrine, cairan kimia otak yang mengendalikan rasa bahagia dan rileks. Ketika efek nikotin mulai bekerja, maka level mood dan konsentrasi pun akan berubah. Para perokok merasakan bahwa efek tersebut terasa nikmat dan menyenangkan.

2. Narkoba

Sudah banyak slogan, iklan, pemberitahuan hingga ajakan untuk menjauhi barang haram ini. Bukan tanpa alasan slogan-slogan itu dibuat, semua dikarenakan efek yang akan dirasakan kemudian. Kecanduan narkoba bisa merusak masa depan kita semua. Tidak perlu dengan narkoba untuk berkreasi. Butuh banyak perjuangan bagi mereka yang telah kecanduan narkoba untuk sembuh seperti semula.

3. Belanja

Belanja memang sangat menyenangkan, ada sensasi tersendiri ketika kita selesai belanja barang yang kita inginkan. Hingga akhirnya kita tidak bisa mengendalikan keinginan belanja dan membuat belanja menjadi sebuah kebutuhan untuk memuaskan hasrat kita.

4. Game

Ketika kita mulai stress dan lelah dengan semua kegiatan kita sehari hari, maka kita berusaha mencari sebuah hiburan untuk mengobatinya, salah satunya dengan bermain game. Bermain game diwaktu senggang dapat mengurangi stress, namun apa jadinya jika bermain game menjadi kegiatan sehari hari dan setiap saat ? Maka dapat dipastikan kita telah kecanduan game. Beberapa negara maju telah memiliki pusat rehabilitasi untuk remaja yang kecanduan bermain game.

5. Minuman keras

Mungkin kita pernah bertanya-bertanya kenapa ada orang yang kecanduan alkohol, padahal rasa dari beberapa minuman tersebut tidaklah enak. Menurut sebuah penelitian dari Universitu of California, minuman beralkohol merangsang pelepasan hormon endorfin, hormon yang menimbulkan perasaan senang di otak. Ini membuat minuman beralkohol membuat para pecandu menjadi lebih baik ketika telah diminum.

6. Kerja

Tidak hanya nikotin, alkohol atau narkoba yang membuat kecanduan, ternyata kerja juga dapat membuat kecanduan. Ada beberapa orang yang sedemikian larut dalam pekerjaan sehingga mengabaikan keluarga, teman, tubuh dan bahkan kesehatan sendiri.

7. Internet

Kecanduan internet telah menjadi masalah lazim yang mempengaruhi banyak orang. Kecanduan internet dapat berpengaruh pada kesehatan mental dan emosional pecandunya sehingga menyebabkan munculnya perasaan kesepiam, kecemasan dan depresi. Selain itu, kecanduan ini juga dapat memberikan efek negatif pada aspek-aspek penting kehidupan seseorang, seperti produktivitas kerja dan hubungan personal.

8. Seks

Salah satu kecanduan yang sangat sulit disembuhkan adalah kecanduan seks. Seks langsung berhubungan dengan otak dan pikiran. Seperti semua jenis kecanduan, kecanduan seks memiliki dampak negatif bagi diri yang bersangkutan, orang orang terdekat mereka dan juga lingkungan sekitar nya. Secara umum, pecandu seks memiliki pandangan yang sama dengan pecandu narkoba lainnya, tujuan mereka untuk berinteraksi dengan orang lain adalah untuk mendapatkan kenikmatan seks.

Mengerjakan sesuatu secara berlebihan tidaklah baik untuk kita apalagi hingga mengalami kecanduan. Lakukan semuanya secukupnya saja dan sesuai dengan kebutuhan diri kita.

Dikutip dari berbagai sumber








Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Bahaya !!! 8 Hal ini membuat anda kecanduan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top