Ternyata 8 Benda ini penuh dengan kuman







Siapa di dunia ini yang tak ingin bersih ? Sepertinya tak seorang pun yang mau. Semua orang ingin bersih baik itu tubuh, pikiran, lingkungan, perabotan serta benda benda lainnya. Bagi umat muslim, menjaga kebersihan juga merupakan sebagian dari iman. Kita selalu berusaha untuk menjaga apa yang kita miliki selalu bersih dari kotoran, namun apa daya kita hanya mampu mejaganya dari kotoran yang dapat kita lihat. Bagaimana dengan yang tak bisa dilihat dengan mata telanjang, seperti kuman ? Tak selamanya benda yang telah bersih dari kotoran juga telah bersih dari kuman. Berkat ilmu kedokteran dan kesehatan yang semakin canggih, kita dapat mengetahui benda benda apa saja yang banyak mengandung kuman dalam kehidupan kita sehari - hari.
Berikut adalah 8 benda yang penuh dengan kuman :

1. Smartphone/Handphone


Benda pertama yang ternyata mengandung banyak kuman adalah Smartphone/Handphone. Pada saat sekarang ini Smartphone/Handphone sudah menjadi bagian hidup masyarakat yang tak dapat dipisahkan. Bahkan bisa saja saat anda membaca tulisan ini anda sedang menggunakan Smartphone/Handphone anda. Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris, jika panas dari Smartphone/Handphone serta uap air dari tubuh kita dapat menarik ribuan kuman untuk tinggal di Smartphone/Handphone kita. Ditambah lagi Smartphone/Handphone yang selalu kita bawa kemana - mana dan kita letakkan begitu saja diberbagai tempat. menjadikan Smartphone/Handphone kita sebagai media tempat tinggalnya kuman yang baik.

2. Uang



Benda kedua yang mengandung banyak kuman adalah uang. Tak dapat dipungkiri lagi jika uang sudah sangat lekat dengan kehidupan kita sebagai alat tukar secara umum. Uang akan selalu berpindah tangan dari satu orang ke orang lainnya hingga uang itu tak layak digunakan lagi. Dari pekerja kantoran hingga pedagang di pasar, dari pejabat hingga masyarakat biasa. Sebuah studi di Amerika menemukan bahwa selembar uang kertas memiliki ratusan ribu kuman yang tinggal di sana. Membiasakan diri untuk mencuci tangan setelah memegang uang dapat meminimalisir infeksi penyakit dari kuman yang telah tinggal di uang.

3. Gagang pintu WC


Benda selanjutnya adalah gagang pintu WC. Setiap hari kita pasti memegang benda ini, namun mungkin tak pernah terpikirkan betapa banyaknya kuman yang ada pada gagang pintu tersebut. Gagang pintu yang bersih dari debu tak menjamin bersih dari kuman. Apalagi gagang pintu wc umum. Ada baiknya ketika kita terpaksa harus menggunakan wc umum, gunakan lah tissue untuk memegang gagang pintu nya. Atau ketika pintu tidak tertutup rapat, gunakanlah bagian atas pintu untuk membukanya. Semakin tinggi bagian pintu yang kita pegang maka akan semakin sedikit orang yang menyentuhnya, sehingga akan sedikit kuman yang menempel.
4. Troli Belanja
Sebuah troli belanja dipegang lebih dari satu orang setiap harinya. Apalagi seseorang berbelanja dalam waktu yang cukup lama, ditambah dengan menyentuh barang - barang pada rak di tempat berbelanja yang sudah lama tidak dibersihkan. Maka troli belanja akan menjadi tempat tinggal kuman yang cukup baik.

5. Keyboard komputer

Para pekerja kantoran sangat akrab dengan benda ini. Keyboard komputer tak hanya digunakan pada hari kerja, bahkan dapat digunakan setiap hari. Kita sering lupa membersihkan keyboard komputer yang kita gunakan. Keyboard komputer sering bercampur dengan keringat yang dihasilkan dari tubuh kita, sehingga menjadikan keyboard salah satu tempat kuman berkembang biak. Apalagi jika kita harus menggunakan komputer umum yang telah digunakan banyak orang, biasakan lah untuk mencuci tangan setelahnya.

6. Saklar lampu

Benda selanjutnya adalah saklar lampu. Saklar lampu pasti akan kita pegang setidaknya 2 kali dalam sehari, yaitu saat menghidupkan dan mematikannya. Namun kita sering tidak menyadari mengenai kebersihan dari saklar lampu itu sendiri. Saklar lampu diruang keluarga akan dipegang oleh banyak orang yang kita tidak tahu sebelumnya apa yang telah mereka pegang. Bersihkanlah saklar lampu setidaknya seminggu sekali untuk meminimalisir berkembang biak nya kuman.

7.  Talenan


Sering kali kita memotong daging yang belum kita bersihkan pada sebuah talenan. Namun ketika belum dibersihkan maka daging tersebut akan mengandung banyak kuman yang akan hinggap pada talenan tersebut kemudian kita gunakan untuk memotong sayuran atau buah. Hal ini akan menyebabkan perpindahan kuman dari talenan ke sayuran dan buat tersebut. Untuk meminimalisir adanya kuman, gunakanlah talenan yang berbeda untuk memotong daging dan sayuran serta jangan lupa untuk membersihkan ketika telah digunakan.

8. Pulpen


Pulpen tidak hanya digunakan untuk menulis, ada kalanya pulpen juga dapat berfungsi untuk menggaruk atau bahan gigitan ketika bosan. Kebiasan kebiasan seperti itu akan menyebabkan kuman berkembang biak. Sebisa mungkin hindarilah kebiasaan itu. Gunakan pulpen sewajarnya saja yaitu untuk menulis.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, menjaga kesehatan lebih baik dari pada mengobati sakit yang kita terima. Jagalah kebersihan lingkungan kita. Jika terpaksa menggunakan benda yang digunakan secara umum bersihkan lah tangan setelah nya.
Dikutip dari berbagai Sumber



Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Ternyata 8 Benda ini penuh dengan kuman"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top