5 Cara Mengembalikan Semangat Kerja dengan efektif

Sumber gambar : Link 

Liburan panjang baru saja berlalu, namun efek liburan tersebut masih saja terasa. Walaupun dua hari telah kembali beraktifitas namun kenyamanan dan kesenangan saat liburan masih teringat jelas di kepala. Ingin rasanya masih dirumah berbagi waktu dengan keluarga tanpa diganggu aktifitas kerja sejenak, namun mau tidak mau kita harus tetap melanjutkan mencari rezeki demi keluarga.

Ketika rasa malas setelah liburan menyerang, maka segala kerjaan yang kita lakukan akan tidak maksimal. Kita selalu saja masih mengingat rasa bahagia saat liburan. Tetapi ini semua tidak bisa kita biarkan begitu saja, kita sudah harus kembali bekerja secara maksimal agar dapat menafkahi keluarga kita.

Untuk mengatasinya berikut 5 cara yang dapat digunakan untuk mengembalikan semangat bekerja :

1.  Mulai bekerja secara perlahan

Ketika selesai liburan maka banyak kerjaan yang tertinggal dimeja kita, dokumen-dokumen menumpuk untuk segera diproses. Biarkan itu semua terjadi dan jangan dijadikan sebuah tekanan untuk kita harus menyelesaikannya secepat mungkin.

Masa setelah liburan pasti akan menyisakan banyak kerjaan, namun berbahagialah jika itu terjadi, kerjaan yang banyak menandakan anda menjadi orang yang masih bisa diandalkan diperusahaan. Lain halnya jika ketika masuk dari liburan panjang dan tak melihat sedikitpun kerjaan yang dapat dikerjakan, maka itu berarti ada karyawan lain yang lebih dipercaya melakukan kerjaan tersebut dibanding anda. Lakukan semua pekerjaan itu secara perlahan dan teliti, jangan maunya cepat selesai tetapi kualitas kerja kita yang kita korbankan.

2. Datang lebih awal

Bagi sebagian orang, saat liburan atau tidak sama saja bagi mereka untuk masalah bangun tidur. Mereka tetap bisa bangun tidur seperti saat akan bekerja walaupun itu adalah hari libur. Tetapi, bagi sebagian yang lainnya, saat liburan merupakan saat yang tepat untuk bermalas-malasan, tidur hingga larut malam, bangun hingga kesiangan. Ketika kerja sudah harus dimulai maka tinggalkan semua sifat bermalas-malasan itu. Ubah dengan bangun lebih pagi dari saat hari kita bekerja sebelum liburan. Berangkat kekantor lebih awal dan persiapkan pekerjaan kita dengan seksama. Aturlah pekerjaan mana yang harus didahulukan dan mana yang bisa dikerjakan belakangan. Dengan cara ini akan membuat kita tidak akan keteteran ketika kita ditanya mengenai pekerjaan kita yang belum diselesaikan.

3. Kesenangan di tempat kerja

Liburan selalu identik dengan kesenangan dan kerja identik dengan tidak mengenakan. Coba ubah pola pikir demikian. Ditempat kerja pasti akan ada yang selalu kita rindukan, baik itu suasananya, bertemu dengan teman-teman hingga minuman khusus yang hanya bisa dibuatkan oleh Office Boy di kantor. Semua itu bisa menjadi penyemangat kita untuk memulai bekerja setelah lama liburan. Jangan hanya memikirkan mengenai tugas yang akan kita hadapi, namun lihat juga kesenangan yang akan kita jumpai.

4. Jangan terbawa teman

Godaan tidak hanya saja dari dalam diri kita, namun bisa juga datang dari orang sekitar kita. Beberapa orang akan menjadi malas-malasan pada saat pertama kali bekerja lagi setelah liburan. Namun jangan sampai kita terbujuk rayu oleh mereka, jika bisa kita yang membujuk mereka agar tetap semangat bekerja.

5. Target Bekerja

Bekerja sudah pasti kita lakukan untuk menghidupi diri sendiri dan keluarga kita baik itu orang tua bahkan pasangan kita. Namun selain itu, buatlah target bekerja agar kita lebih semangat. Misalnya kita bekerja untuk menyisihkan sebagian penghasilan kita ditabung dan akan kita belikan sesuatu yang sangat kita inginkan. Atau bisa saja kita sudah merencanakan liburan selanjutnya. Menjadikan liburan sebagai target bekerja membuat kita akan lebih bersemangat dari biasanya, ini dikarenakan kita telah mengetahui bagaimana senangnya ketika liburan tiba.

Liburan memang sudah pasti ditunggu bagi para pekerja untuk mengistirahatkan diri sejenak. Tetapi ada kalanya liburan yang terlalu lama akan membuat produktivitas kita menurun hingga dapat membuat malas. Saat liburan maka pergunakanlah dengan sebaiknya jangan mencampurnya dengan urusan kerja. Cara ini juga dapat bermanfaat mengembalikan semangat bekerja.


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "5 Cara Mengembalikan Semangat Kerja dengan efektif"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top