7 Manfaat Sarapan yang sering dilupakan


Terkadang kita sering melupakan sarapan dikarenakan kesibukan yang kita hadapi, telat bangun atau juga dikarenakan kurangnya kesadaran akan manfaat sarapan. Sarapan itu sendiri adalah keadaan untuk mengonsumsi hidangan pada pagi hari, waktu sarapan dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 dan dianjurkan untuk menyantap makanan yang ringan bagi pencernaan. Sarapan bermanfaat untuk meyediakan energi pertama yang kita saat akan memulai aktivitas.

Berikut adalah beberapa manfaat dari sarapan.


1. Sumber Energi

Untuk beraktivitas sepanjang hari maka kita memerlukan sumber energi pada saat akan memulai hari, caranya adalah dengan sarapan. Sesibuk apapun kita, usahakan untuk menikmati sarapan pagi, karena dengan sarapan tubuh akan memberi energi yang dapat meningkatkan kekuatan dalam beraktivitas.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Sarapan diketahui juga dapat memperbaiki kemampuan berpikir kita dan menjaga kita agar tetap fokus dalam melakukan semua aktivitas kita. Sesaat setelah bangun tidur, energi yang kita miliki telah berkurang dikarenakan otak juga telah menggunakan energi tersebut saat kita tertidur. Maka diperlukan sarapan agar otak tetap memiliki tingkat konsentrasi yang baik.

3. Menyehatkan jantung

Sarapan pagi membantu menjaga kesehatan jantung, mencegah penyakit diabetes dan menurunkan tekanan darah. Orang yang melewatkan sarapan cenderung memiliki kadar kolesterol yang tinggi, yang merupakan sebab utama dari penyakit jantung. Sedangkan untuk mereka yang sarapan akan mendapat serat yang baik untuk menurunkan resiko penyakit jantung.

4. Mengontrol Berat Badan

Ketika anda melewatkan sarapan, maka makan siang akan anda konsumsi secara berlebihan karena kebutuhan yang belum terpenuhi di pagi hari. Dengan sarapan, berarti kita mengupayakan untuk mencegah nafsu makan yang berlebih.

5. Menjaga mood

Hasil penelitian mengenai sarapan pagi banyak mengungkapkan bahwa mereka yang telah sarapan pagi dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan memiliki mood yang berbeda. Orang yang sarapan lebih baik moodnya dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan.

6. Mencegah Resiko Terkena Penyakit Maag

Membiasakan untuk sarapan pagi setiap hari bermanfaat untuk terhindar dari penyakit maag. Hal ini dikarenakan karena lambung kita telah terisi oleh makanan saat melakukakn aktivitas sehingga terhindar dari resiko terkena penyakit maag.

7. Meningkatkan kekebelan tubuh

Menurut sebuah penelitian, sarapan dapat meningkatkan hormon glikoprotein yang berfungsi sebagai antivirus alami yang berfungsi untuk dapat mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh.

Manfaat sarapan di pagi hari tergantung dari makanan apa yang kita konsumsi. Usahakan untuk makan sarapan yang penuh dengan nutrisi seperti buah, roti, sayur dan susu. Nutrisi yang kita makan pada pagi hari akan bermanfaat bagi kesehatan dan energi kita untuk melewati hari dari pagi, siang hingga malam.

Dikutip dari berbagai sumber
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "7 Manfaat Sarapan yang sering dilupakan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top