7 Puncak Tertinggi di 7 benua


Seven Summits


Ada banyak puncak gunung tinggi yang ada diseluruh dunia.  Tercatat lebih dari 128 puncak yang memiliki ketinggian lebih dari 4.000 Mdpl. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas 7 puncak tertinggi di 7 benua atau yang biasa disebut Seven Summit.

Seven Summits  adalah sebutan bagi tujuh puncak gunung tertinggi di dunia. Ketinggiannya di mulai dari 4.884 Mdpl hingga yang tertinggi adalah 8.850 Mdpl. Setiap para pendaki di dunia, pasti mempunyai impian untuk berdiri di atas salah satu puncak Seven Summits atau bahkan ketujuh puncaknya. 

Seven Summits ini sendiri dicetuskan oleh Dick Bass, seorang pendaki asal AS. Dia sebelumnya sudah mendata beberapa puncak tertinggi di dunia yang berada di 7 benua. Berikut daftar puncak versi Dick Bass. Gunung Vinson di Antartika (Antartika) (4.897 mdpl), Gunung Elbrus di Rusia (Eropa) (5.642 mdpl), Gunung Kilimanjaro di Tanzania (Afrika)(5.895 mdpl), Gunung Aconcagua di Argentina (Ameriaka Selatan/Latin) (6.962 mdpl), Gunung Denali di Alaska (Amerika Utara) (6.194 mdpl), Gunung Everest di perbatasan Nepal dan Tibet (Asia) (8.848 mdpl) dan Gunung Kosciuszko (Australia)(2.228 mdpl).

Khusus gunung yang terakhir, Gunung Kosciuszko, ada beberapa pendaki yang tidak setuju, dikarenakan ketinggian nya yang dibawah rata-rata. Seorang pendaki asal Italia, Reinhold Messner, mengajukan pendapat baru. Yaitu mengganti Gunung Kosciuszko dengan Puncak Carstenz (4.884 mdpl) di pegunungan Jayawijaya. Ia beralasan bahwa lokasi Puncak Carstenz masih termasuk dalam wilayah Oceania, yang meliputi Indonesia dan Australia.

Hingga saat ini daftar Seven Summit yang telah diperbaharui Reinhold Messner menjadi daftar resmi dari Seven Summit.
Berikut kita akan mengulas satu persatu puncak gunung Seven Summit versi Reinhold Messner.

Afrika: Kilimanjaro
Gunung Kilimanjaro tak hanya terkenal akan ketinggiannya tetapi juga keunikan bentuknya yang terdiri dari 3 kerucut vulkanik bernama Kibo, Mawenzi, dan Shiba. Dua kerucut Kilimanjaro – Mawenzi dan Shira – telah dinyatakan mati, namun Kibo memiliki kemungkinan untuk aktif kembali. Gunung yang berlokasi di Tanzania, tepatnya di kawasan Kilimanjaro, memiliki ketinggian maksimal 5.895 meter.



Eropa: Gunung Elbrus
Gunung Elbrus yang berlokasi di pegunungan Kaukasus Rusia menjulang setinggi 5.642 meter dan tercatat sebagai gunung tertinggi di Eropa, mengalahkan Mont Blanc (Gunung Putih) di Italia. Ada sedikit perdebatan mengenai penobatan Elbrus sebagai gunung tertinggi Eropa mengingat lokasinya yang berada di perbatasan benua Asia dan Eropa. Namun, sebagian besar setuju bahwa Elbrus yang terletak di wilayah  Kabardino-Balkaria dan Karachay–Cherkessia, Rusia, ini masih menjadi bagian dari Eropa.




Amerika Utara: Gunung McKinley / Denali
Berdiri kokoh setinggi 6.194 meter di atas permukaan laut, Gunung McKinley atau Denali mendapat gelar sebagai gunung tertinggi di wilayah Amerika Utara. Ditinjau dari tonjolan topografinya, gunung di negara bagian Alaska, Amerika Serikat, ini menempati urutan ketiga setelah Gunung Everest dan Aconcagua. Gunung McKinley merupakan atraksi utama di Taman Nasional Denali, AS. 



Amerika Selatan / Latin: Aconcagua
Aconcagua adalah gunung tertinggi di Amerika Latin dan di seluruh benua Amerika. Ketinggian gunung di provinsi Mendoza, Argentina, ini mencapai 6.960,8 meter. Aconcagua merupakan bagian dari pegunungan Andes, sebuah pegunungan populer di Amerika Selatan. Lokasi puncak gunung Aconcagua hanya berjarak sekitar 15 kilometer dari perbatasan wilayah Argentina dan Cili.



Antartika: Vinson Massif
Berlokasi di benua Antartika, seluruh permukaan gunung Vinson Massif tampak putih tertutup salju. Gunung setinggi 4.982 meter ini pertama kali ditemukan pada tahun 1958, dan mulai didaki pada 1966. Titik tertinggi di Gunung Vinson Massif yaitu Vinson Peak berasal dari nama seorang anggota dewan Amerika Serikat dari negara bagian Georgia, Carl Vinson.



Oseania: Puncak Jaya (Carstenz Pyramid)
Sejak dulu, Puncak Jaya telah dikenal sebagai titik tertinggi di Indonesia dan Oseania. Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman di provinsi Papua memiliki ketinggian hingga 4.884 meter. Saking tingginya, bagian atas Puncak Jaya tertutup oleh salju abadi. Ketinggian Puncak Jaya banyak menantang para pendaki pemberani dari dalam dan luar negeri. Setidaknya, dibutuhkan waktu 8-10 hari untuk mendaki dan menuruni Puncak Jaya.



Asia: Gunung Everest
Menjulang dengan ketinggian 8.848 meter, Gunung Everest tak hanya tercatat sebagai gunung tertinggi di Asia tetapi juga dunia. Gunung yang menjadi bagian dari pegunungan Himalaya ini terletak di Nepal dan kawasan Tibet di Cina. Sebagai gunung tertinggi di dunia, nama Everest tercatat dalam Seven Summits dan Eight-thousanders (gunung dengan ketinggian 8.000 meter atau lebih).



Sebagai informasi tambahan, Indonesia sendiri telah memiliki Seven Summiter (Pendaki Seven Summits), yang telah berhasil menaklukan Seven Summits. Mereka adalah Mahitala Unpar yang berhasil menyelesaikan pendakian pada tanggal 8 Juli 2011.  Indonesia menjadi negara ke-53 yang berhasil menuntaskan seven summits atau tujuh puncak tertinggi di tujuh benua dan bersama 275 pendaki dari seluruh dunia.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "7 Puncak Tertinggi di 7 benua"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top