8 Kegiatan yang dilarang sehabis makan

Makan merupakan kegiatan sehari hari setiap makhluk hidup yang ada di Bumi ini. Makan berguna untuk menambah sumber energi dan juga berguna untuk bertahan hidup. Setiap sehabis makan maka kita akan merasa kenyang. Kalo udah kenyang apalagi kekenyangan maka rasa ngantuk dan malas akan segera menghampiri.
Setiap orang memiliki kebiasaan tersendiri sehabis makan, ada yang makan buah, ada yang ngerokok malahan ada yang tidur. Tau kah anda kalo ada beberapa kebiasaan yang kita lakukan sehabis makan sebenarnya berbahaya bagi kesehatan kita ? Kita sepakat dong kalo kesehatan adalah yang no 1 dan harus selalu kita jaga.

Berikut 8 kegiatan yang jika dilakukan sehabis makan akan berbahaya bagi kesehatan :

1. Minum air dingin

Makan pedas kemudian minum air dingin, nikmat banget kan. Namun tahu kah anda kalo minum air dingin setelah makan berbahaya bagi kesehatan. Minum air dingin setelah makan dapat mempersempit usus kita. Air dingin dapat membuat makanan yang mengandung minyak akan membeku dan menumpuk di usus kita. Ketika usus telah mengalami penyempitan maka dapat mengganggu proses pencernaan makanan, penyerapan makanan, kegemukan hingga dapat mengganggu metabolisme tubuh kita. Jika kebiasaan ini masih sering anda lakukan hingga sekarang, ada baiknya anda ganti dengan minum air hangat. Air hangat berfungsi untuk detoksifikasi tubuh dan dapat menurunkan berat badan, cocok untuk mereka yang sedang diet.

2. Tidur


Ngantuk sehabis makan ? Jangan langsung tidur ya. Tidur sehabis makan dapat mengakibatkan kinerja usus menjadi lambat dan makanan tidak dapat dicerna secara baik. Saat makanan tidak dapat dicerna dengan baik maka penyerapan sari makanan oleh darah juga akan terganggu. Selain mengganggu kinerja usus, tidur setelah makan juga dapat menyebabkan obesitas dikarenakan lemak dan kalori akan menumpuk dalam tubuh. Pada siang hari ada baiknya kita tidur setelah 1 - 2 jam sehabis makan dan minimal 4 jam sehabis makan untuk malam hari. Karena pada malam hari waktu tidur kita akan lebih lama.

3. Makan buah


Buah sering dianggap sebagai makanan penutup oleh sebagian orang. Namun jika langsung makan buah setelah makan dapat berakibat buruk bagi kesehatan kita. Buah yang kita konsumsi setelah makan pergerakannya akan lambat karena terhalang oleh makanan yang sebelumnya telah kita makan. Ini akan menimbulkan masalah pada pencernaan seperti diare, kembung dan asam lambung. Beri waktu minimal 30 menit setelah makan untuk kita makan buah, agar buah dapat segera dicerna oleh tubuh kita.

4. Minum teh


Teh memang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita, tetapi jika teh dikomsumsi sehabis makan ternyata memiliki efek berbahaya bagi tubuh. Minum teh dapat mengencerkan asam lambung sehingga mengganggu pecernaan kita. Disamping itu, teh juga mengandung asam tanat yang dapat menyatu dengan protein yang kita makan yang dapat membentuk sedimen sehingga sulit dicerna oleh tubuh. Teh juga dapat menggangu penyerapan zat besi, jika ini terjadi dalam waktu yang lama dapat menimbulkan gejala anemia karena kekurangan zat besi.

5. Mandi


Siapa yang tak ingin mandi, mandi adalah kegiatan yang mudah dan memiliki banyak manfaat. Namun jangan pernah mandi sehabis makan karena dapat mengganggu pencernaan makanan yang barusan kita makan. Saat mandi suhu air dapat menaikan aliran darah pada kaki, tangan dan badan, serta menurunkan aliran darah pada usus dan lambung. Keadaan ini membuat pencernaan usus dan lambung melemah sehingga memperlambat pencernaan makanan.

6. Olahraga


Olahraga setelah makan sangat tidak dianjurkan, walaupun notabene olahraga itu baik buat tubuh. Saat berolahraga suhu tubuh dan tekanan darah akan meningkat, sehingga dapat menyebabkan sakit perut hingga kram perut. Sebaiknya beri waktu minimal 1 jam untuk usus mencerna makanan sebelum kita berolahraga.

7. Mengendorkan Ikat Pinggang


Mengendorkan ikat pinggang setelah makan memang akan membuat lebih terasa nyaman, namun berbahaya untuk dilakukan. Saat mengendorkan ikat pinggang tekanan dalam rongga perut akan turun dan membuat lambung akan menurun. Kalo kebiasaan ini sering dilakukan maka kita dapat mengidap penyakit lambung turun dan usus terbelit.
8. Merokok 


Merokok memang kegiatan yang tidak baik untuk kesehatan dalam kondisi apapun, apalagi merokok sehabis makan. Merokok sehabis makan memang lebih nikmat rasanya, namun saat merokok sehabis makan bahaya dari merokok itu sendiri bisa melonjak hingga 10 kali lipat. Sesaat setelah makan, peredaran darah disekitar alat pencernaan semakin meningkat, saat terjadi penyerapan sari makanan maka unsur unsur berbahaya dari rokok juga akan ikut terserap sehingga dapat merusak hati, otak besar dan pembuluh darah pada jantung.

Memperbaiki pola hidup kita sekecil apapun akan berdampak besar bagi kesehatan. Mulai dari sekarang coba untuk merubah kebiasaan kecil yang kita lakukan. Walaupun hasilnya tidak akan instan dan akan kita rasakan saat dimasa depan.

Dikutip dari berbagai sumber
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "8 Kegiatan yang dilarang sehabis makan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top