Lakukan 7 Kegiatan ini saat bangun tidur

Ada banyak jenis kegiatan yang dilakukan orang saat bangun tidur, ada yang langsung mandi, ada yang ngopi dulu, ada yang bengong malahan ada yang tidur lagi. Tahukah anda kegiatan yang anda lakukan saat bangun tidur dapat mempengaruhi mood anda selama sehari kedepan ? Nah, lakukan lah kegiatan kegiatan yang dapat membuat mood anda bagus dan memberi energi positif. Selain untuk menjaga mood, kegiatan yang kita lakukan tersebut setidaknya juga harus memiliki manfaat bagi kesehatan kita.

Berikut 7 kegiatan saat bangun tidur yang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh  :

1. Mandi


Mandi di pagi hari yang dingin menjadi tantangan tersendiri untuk sebagian orang. Bagi mereka mereka yang terbiasa mungkin tidaklah sulit, namun untuk mereka yang tidak biasa ini merupakan hal yang sangat sulit. Mandi setelah bangun tidur memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh kita. Selain dapat mengusir rasa ngantuk, mandi juga bermanfaat memperlancar aliran darah, meningkatkan daya tahan tubuh hingga dapat menigkatkan kesuburan pada pria.

2. Minum air putih


Lama waktu tidur pada orang dewasa adalah 6 - 8 Jam. Selama tidur, tubuh kita tidak menerima asupan cairan. Untuk mencegah tubuh kekurangan cairan, minum lah air putih minimal satu gelas. Minum air putih setelah bangun tidur dapat bermanfaat untuk membuang racun dalam tubuh kita. Selain itu juga bermanfaat untuk menjaga organ ginjal tetap sehat, melancarkan buang air besar hingga mengontrol berat badan tubuh.

3. Meregangkan tubuh



Kegiatan ini mungkin sedikit diremehkan atau ada yang bertanya apa tujuannya dan manfaatnya. Meregangkan tubuh setelah bangun tidur dapat memperlancar sirkulasi darah serta mengaktifkan tubuh dan akan membuat kita lebih terjaga dibandingkan dengan langsung bangun secara mendadak. Sesaat setelah bangun jangan langsung berdiri, lakukan peregangan pelan pelan dengan merentangkan tangan ke atas atau ke samping.

4. Jalan pagi


Disaat kita memiliki waktu lebih di pagi hari, manfaatkan dengan berjalan kaki ditaman atau disekitar rumah.
Selain dapat menghirup udara segar serta kicauan burung, berjalan di pagi hari dapat menjaga kesegaran dan kekebalan tubuh, mencegah osteoporosis dan dapat melancarkan sirkulasi darah.

5. Mendengarkan musik


Tak dapat diragukan lagi jika musik adalah salah satu mood booster paling ampuh. Apalagi jika kita mendengarkan musik di pagi hari sebelum beraktifitas. Pilihlah musik musik yang dapat membuat anda lebih berenergi dan semangat.

6. Sarapan


Sesibuk sibuknya kita pada pagi hari, usahakan tidak meninggalkan sarapan. Sarapan merupakan sumber energi pertama yang kita terima. Sarapan juga dapat mengembalikan metabolisme tubuh setelah tidur, meningkatkan kinerja otak, mencegah makan berlebih pada siang harinya hingga dapat mengontrol berat badan. Pilihlah sarapan yang sehat, makanan yang kaya akan serat dan rendah lemak.

7. Tersenyum


"Awali harimu dengan senyuman", sebuah pendapat yang benar adanya. Mungkin sedikit terlihat aneh jika kita tersenyum sendiri di pagi hari, namun coba saja anda lakukan sesaat setelah bangun tidur. Coba untuk tersenyum selama 20 - 30 detik, dengan tersenyum tubuh kita akan merasa lebih bahagia dikarenakan terjadi reaksi kimia sesaat setelah kita tersenyum.

Mengawali hari dengan kegiatan kegiatan yang positif akan berdampak bagus untuk kesehatan jiwa dan fisik kita. Awalnya mungkin sulit untuk dijalani, namun jika telah terbiasa maka akan menjadi kegiatan rutin anda di pagi hari.


Dikutip dari berbagai sumber

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Lakukan 7 Kegiatan ini saat bangun tidur"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top