10 Cara menumbuhkan kreatifitas dengan mudah


Pada saat sekarang ini, kita tidak hanya harus memiliki kepintaran, kejeniuasan, keahlian hingga kepandaian untuk menjalani hidup, ada sebuah faktor lagi yang sebisa mungkin kita miliki juga yaitu kreatifitas. Mungkin ada yang berifikir jika kreatifitas hanya dimiliki oleh sebagian orang saja misalnya penulis, pekerja seni hingga ilmuwan. Namun sejatinya kreatifitas dapat dimiliki oleh setiap orang, hanya saja bagaimana kita dapat menumbuhkannya hingga dapat kita aplikasikan setiap hari dikehidupan kita.

Kreatifitas itu sendiri adalah kemampuan dalam menemukan ide ide baru dan cara cara baru dalam memecahkan suatu masalah.

Berikut adalah beberapa cara untuk menumbuhkan kreatifitas

1. Menulis yang ada dipikiran kita

Ide dapat muncul kapan saja dan dimana saja ketika kita melihat atau mendengar sesuatu. Ide bisa cepat hilang begitu saja jika kita tidak menulisnya di buku tulis atau pada saat zaman sekarang ini kita bisa mencatat di note yang telah tersedia pada smartphone. Akan sangat disayangkan jika kita harus kehilangan ide yang telah terpikirkan dan hilang begitu saja.

2. Mengamati lingkungan sekitar

Ide bisa saja muncul saat kita melihat lingkungan sekitar kita. Sesibuk apapun kita usahakan untuk selalu melihat keadaan yang ada disekitar kita. Mungkin kita akan dapat masukan yang berharga saat kita melihat lingkungan sekitar kita.

3. Perbanyak membaca

Tak dapat dipungkiri lagi jika membaca memiliki banyak manfaat untuk diri kita. Selain menambah wawasan, membaca juga dapat menumbuhkan ide ide kreatif di dalam diri kita. Karena saat membaca kita  akan menerima informasi yang berguna untuk kita mengolah semua informasi tersebut agar bisa tercipta ide ide kreatifitas.

4. Pemikiran yang positif

Sebuah pemikiran positif mengenai segala masalah yang kita hadapi dapat kita selesaikan adalah salah satu cara untuk menumbuhkan kreativitas. Ketika kita yakin dengan apa yang kita lakukan, maka lanjutkanlah. Kreatifitas akan muncul ketika kita mampu menghadapi sebuah masalah.


5. Melihat dari sudut pandang orang lain

Sebelum kita melakukan sesuatu atau menciptakan sesuatu, coba kita bayangkan bagaiman tanggapan dari sudut pandang orang lain. Melihat dari sudut pandang orang lain akan memberikan kita gagasan baru yang dapat menambah kreatifitas kita.

6. Jangan menunda pekerjaan

Pepatah jepang mengatakan, menunda pekerjaan berarti sama dengan menambah pekerjaan. Nah, ketika kita menunda pekerjaan, maka pekerjaan kita dimasa yang akan datang semakin bertambah. Mengerjakan segala kerjaan pada saatnya akan merangsang kita untuk lebih mudah untuk mengeluarkan ide ide kreatif kita.

7. Lakukan yang anda sukai

Melakukan kegiatan yang kita sukai akan lebih menyenangkan dan membuat bahagia dibandingkan dengan kita harus melakukan kegiatan yang tidak kita sukai secara terpaksa. Kebahagian merupakan sumber dari kreatifitas, semakin kita bahagia maka semakin mudah kita menemukan ide ide kreatif.

8. Keluar dari zona nyaman

Zona nyaman akan membuat kita terlena dan membuat bermalas malasan sehingga kita tidak dapat mengeluarkan ide ide baru. Keluar lah dari zona nyaman kita, beranikan diri untuk melakukan sesuatu yang baru. Buatlah sebuah rencana untuk masa yang akan datang secara bertahap, kemudian tantanglah dirimu untuk merealisasikannya.
9. Luangkan sedikit waktu

Disaat kesibukan aktfititas sehari hari melanda, hingga rasa penat pun muncul, maka luangkan lah sedikit waktu kita untuk bersantai. Disaat penat seperti ini kita tidak akan dapat berfikir secara jernih hingga kita bekerja tidak lagi efektif. Meluangkan sedikit waktu untuk bersantai dan relaksasi akan menyegarkan kembali otak yang tiap hari dibebani terus menerus dengan pekerjaan.

10. Bersyukur

Dan yang terakhir adalah bersyukur. Kita seharusnya selalu bersyukur mengenai apa yang telah kita raih sebelumnya. Dengan bersyukur maka akan membuat kedamaian didalam diri kita dan meringankan segala beban didalam diri kita. Dengan bersyukur juga merupakan salah satu cara untuk kita menikmati segala pencapaian dimasa sebelumnya.

Hidup tak selamanya harus sempurna dan selalu benar untuk meraih keberhasilan. Kesempurnaan yang kita kejar akan membebani diri kita hingga hidup ini akan terasa kaku dan membuat kreatifitas kita sulit untuk berkembang. Pelan tapi pasti, ubahlah segala target kesempurnaanmu saat ini, karena kreatifitas berasal dari kebahagian dan ketenangan jiwa.

Dikutip dari berbagai sumber


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "10 Cara menumbuhkan kreatifitas dengan mudah"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top