5 Persiapan menghadapi musim hujan yang mudah diterapkan



Setelah beberapa bulan merasakan kemarau hingga asap yang mengganggu kesehatan akhirnya musim hujan telah tiba. Musim hujan merupakan sebuah periode setengah tahunan yang selalu ada di Tanah Air kita ini. Musim dimana curah hujan meningkat dalam jangka waktu tertentu, musim dimana jemur pakaian harus siap - siap diangkat, musim dimana banjir akan sering dijumpai, kalo keluar rumah harus siap payung atau jas hujan,  dan selalu siap dengan segala penyakit yang mudah menyerang.

Menghadapi musim hujan juga dibutuhkan beberapa persiapan agar semua aktifitas kita dapat berjalan lancar. Berikut 5 hal yang harus disiapkan saat menghadapi musim hujan :

1. Payung dan Jas Hujan



"Sedia payung sebelum hujan" sebuah pepatah yang nampaknya cukup tepat untuk saat ini, namun tidak untuk para pengendara kendaraan roda 2. "Sedia jas hujan sebelum hujan", pepatah yang lebih cocok untuk bikers. Payung dan jas hujan dapat melindungi kita saat bepergian agar tidak basah jika tiba - tiba hujan datang atau terpaksa keluar rumah saat hujan.

2. Memeriksa Atap Rumah


Rumah adalah tempat kita berlindung ketika hujan, namun apa jadi nya jika atap rumah bocor atau rusak ? Ada baiknya ketika musim hujan tiba untuk kita mengecek keadaan atap rumah. Jika terjadi kebocoran maka segera lah ditambal dengan menggunakan pelapis anti air (Waterproof).

3. Membersihkan Lingkungan


Menjaga kebersihan lingkungan rumah tidak hanya dilakukan pada saat tertentu saja. Kebersihan rumah mencerminkan keadaan si Pemilik rumah. Namun ketika musim hujan, kebersihan lingkungan rumah kita harus ditingkatkan. Kegiatan seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan selokan atau tempat aliran dan menguras/mengeringkan genangan genangan air yang bisa menjadi tempat nyamuk bertelur. Lingkungan yang bersih akan meminimalisir datangnya penyakit dan banjir.

4. Senter dan Lilin



Ketika hujan sangat besar sering sekali terjadi pohon tumbang yang dapat menimpa kabel listrik sehingga berdampak pada pemadaman aliran listrik. Agar segala akrifitas anda tetap dapat berjalan seperti biasa nya pada saat malam hari maka senter dan lilin sangat dibutuhkan. Gunakan lilin dengan sebaiknya, nyalakan ditempat yang aman agar tidak terjadi apa-apa ketika telah tidur.

5. Obat




Ketika lingkungan telah kita bersihkan, jas hujan atau payung sudah kita gunakan pada saat keluar rumah, namun masih saja terserang penyakit ? Maka obat adalah solusinya. Siapkan obat untuk berbagai penyakit yang dapat muncul pada saat musim hujan. Obat diare, Flu, demam hingga obat untuk masuk angin pun dapat ada siapkan. Minum sesuai aturan, jangan berlebihan.

Demikian beberapa persiapan yang dapat kita lakukan untuk menghadapi musim hujan. Ada satu hal lagi yang harus dilakukan, yaitu lebih waspada saat dijalan raya, mengingat jalanan akan menjadi licin dan jarak pandang yang tebatas disaat hujan. Ketika semua persiapan sudah kita lakukan, namun sesuatu yang tidak diinginkan masih terjadi, tidaklah bijak jika kita harus menyalahkan hujan. Karena hujan itu adalah berkah untuk bumi.


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "5 Persiapan menghadapi musim hujan yang mudah diterapkan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top