6 Cara mudah menjadi lebih sabar




Sabar merupakan salah satu sifat yang harus ada dalam diri kita, tanpa kesabaran kita tidak akan dapat melewati hidup kita dengan baik. Didalam setiap agama juga mengajarkan kita untuk selalu bersabar, karena tidak semua yang kita harapkan akan sejalan dengan kenyataan kehidupan. Untuk menjadi orang yang sabar dalam segala kondisi, alangkah baiknya jika kita juga melatih kesabaran yang kita miliki. Apalagi manusia itu sendiri diciptakan dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut adalah 6 cara menjadi lebih sabar :

1. Berfikir positif

Salah satu kunci untuk tetap sabar adalah berfikir positif. Setiap kejadian yang kita alami dihidup ini pasti memiliki manfaat yang mungkin tidak kita sadari. Terkadang kejadian tersebut hanya kita lihat dari sisi negatifnya tanpa pernah mencoba untuk melihat dari sisi positif. Biasakan untuk selalu berfikir positif agar diri kita selalu sabar dalam menghadapi cobaan.

2. Rajin Beribadah

Selalu mendekatkan diri kepada Nya, melaksanakan segala perintah dan larangan Nya adalah salah satu cara untuk tetap sabar. Ingatlah jika hidup ini sementara dan suatu saat nanti akan kembali pada Nya. Ketika menghadapi masalah selalu memint petunjuk Nya agar kita bisa menjadi lebih sabar. Karena Tuhan tidak pernah memberikan cobaan yang melebihi kemampuan umat Nya.

3. Jangan mudah kecewa

Disaat kita mengalami kegagalan janganlah kita mudah untuk kecewa, walaupun hal itu memang tidak mudah untuk dilakukan. Namun semua itu harus dapat kita kontrol dan ikhlas agar lebih mudah untuk bangkit kembali. Anggap saja semua kegagalan yang kita terima adalah sebuah keberhasilan yang tertunda.

4. Jangan banyak mengeluh
Tak ada manfaat yang diterima saat kita mengeluh. Hentikan semua kebiasaan itu, selalu menghadapi setiap masalah dengan tabah. Ketika kita tidak lagi mengeluh maka pelan tapi pasti kesabaran itu pun akan datang pada kita.
5. Mengontrol emosi
Terkadang adakalanya kita tidak mampu menahan emosi kita ketika menghadapi masalah. Ketika emosi  meninggi maka dapat menimbulkan perasaan marah, sehingga semua yang kita lakukan akan berubah menjadi buruk dan tidak berguna. Perasaam marah adalah penghalang utama bagi diri kita untuk bersabar. Jadi bagaimanapun susahnya masalah yang kita hadapi, sikap mengontrol emosi adalah yang paling penting.
 
6. Berbagi cerita
Ketika kita menghadapi masalah yang cukup sulit untuk dihadapi, tidak ada salahnya jika kita berbagi cerita dengan orang tua, sahabat ataupun kekasih. Saat kita berbagi cerita dengan mereka, setidaknya kita mendapat sudut pandang yang berbeda dalam melihat masalah tersebut. Dan juga mereka pasti senantiasa akan memberikan nasehat.
Kesabaran adalah satu kunci menuju kehidupan yang lebih damai. Berfikir dengan tenang, gunakan kepala dingin dan selalu mengontrol emosi akan banyak manfaatnya untuk menjadi lebih sabar.
Dikutip dari berbagai sumber


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "6 Cara mudah menjadi lebih sabar"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top