5 Hal kecil yang baik untuk kesehatan



Apalah artinya jika kita memiliki segalanya namun tidak memiliki kesehatan. Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat berharga untuk setiap manusia. Banyak cara yang dapat kita lakukan agar tetap sehat, tidak harus dengan berolahraga hingga 1 jam penuh atau olahraga sampai tidak lagi mampu bergerak. Memperhatikan segala sesuatu yang kita lakukan apakah sudah baik dan benar juga dapat menjaga tubuh agar tetap sehat. Banyak kegiatan kecil yang baik untuk kesehatan tubuh kita, contohnya mencuci tangan sebelum makan atau juga menyikat gigi sebelum tidur. Selain itu masih ada beberapa kegiatan kecil yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Berikut adalah 5 hal kecil yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

1. Mengistirahatkan Mata

Mata merupakan salah satu indera yang dimiliki manusia, tanpa mata kita tidak akan dapat melihat. Menjaga kesehatan mata sangat perlu untuk kita lakukan, apalagi untuk para pelajar atau pekerja kantoran yang menghabiskan waktunya berjam jam dalam sehari di depan komputer. Untuk menghindari kelelahan mata, maka atur waktu untuk mengistirahatkan mata pada setiap harinya. Menurut ahli kesehatan mata, ada sebuah rumus untuk mengistirahatkan mata kita yaitu 20-20-20. Rumus tersebut mengandung makna setiap 20 menit melihat layar komputer maka kita harus mengistirahatkan mata kita selama 20 detik, dengan cara menatap sebuah objek yang jaraknya 20 kaki (Sekitar 6 meter). Biasakan untuk melakukan kegiatan ini setiap hari agar mata kita dapat diistirahatkan dan menjaga fungsi mata selalu baik.

2. Mencuci tangan sebelum makan

Kegiatan mencuci tangan sering dianggap sepele oleh sebagian orang, sehingga kegiatan ini sering kali diabaikan oleh kita. Apalagi pada saat sebelum makan, mencuci tangan seharusnya menjadi kegiatan wajib yang harus kita lakukan. Tangan merupakan tempat berkumpulnya kuman kuman berbahaya yang bisa saja membawa segala jenis penyakit contohnya flu, meningitis, hepatitis a dan c hingga penyakit kulit. Maka dari pada itu biasakan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan agar kita dapat terhindar dari kuman penyebab penyakit.

3. Melepaskan sepatu di depan pintu

Tetap menggunakan sepatu dan sandal telah menjadi kebiasaan sebagian masyarakat Indonesia pada saat ini. Namun ada beberapa daerah yang masih memegang teguh kebiasaan untuk melepas alas kaki saat akan memasuki rumah. Kegiatan ini merupakan wujud penghormatan kita terhadap kebersihan rumah yang kita kunjungi dan juga salah satu cara agar tetap menjaga rumah bebas dari kotoran yang berasal dari luar rumah. Ketika rumah terjaga kebersihannya dari kotoran atau material dari luar rumah, maka setidaknya kita dapat meminimalisir penyakit untuk masuk ke rumah kita.

4. Bersin dengan menggunakan lengan

Bersin adalah hal yang biasa terjadi disaat rongga hidung terasa gatal dan tak nyaman. Semua manusia pasti pernah mengalami bersin ketika sehat atau ketika sedang flu. Ketika akan bersin maka kita akan segera menutup hidung dengan menggunakan tisu ataupun sapu tangan. Namun ketika tidak ada tisu dan sapu tangan, maka gunakanlah lengan baju atau siku untuk penutupnya. Jangan menutup bersin menggunakan tangan, dikarenakan dengan menggunakan tangan maka akan membuat penyakit akan mudah menyebar jika tersentuh orang lain.

5. Membesihkan lidah

Menyikat gigi merupakan kegiatan rutin setiap hari yang kita lakukan, baik setelah makan atau sebelum tidur. Namun selain gigi, kita juga sebaiknya memperhatikan kebersihan lidah kita. Ketika kebersihan lidah tidak terjaga maka kita akan dengan mudah terserang sariawan, oral candidodis (lapisan putih) hingga kanker lidah. Lapisan putih yang muncul karena jamur ini akan menyebabkan bau mulut. Salah satu cara untuk membersihkan lidah adalah dengan menyikat lidah hingga bersih. Sikatlah lidah dengan menggunakan bulu yang lembut dan seikatlah hingga area belakang lidah kita.

Jangan pernah menyepelekan setiap kegiatan kecil yang kita lakukan. Kegiatan kecil yang dilakukakn juga memberikan dampak pada kesehatan tubuh kita. Sedini mungkin perhatikan kegiatan yang kita lakukan, jangan hanya dilakukan semata mata demi kenyamanan namun juga harus diperhatikan dari segi kesehatan. Apakah berbahaya untuk kesehatan atau malah sebaliknya.

Dikutip dari berbagai sumber
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "5 Hal kecil yang baik untuk kesehatan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top