8 Cara mengatasi kecemasan yang patut dicoba





Rasa cemas sering mengganggu kehidupan kita sehari-hari. Kecemasan merupakan reaksi yang normal terhadap stress yang berguna untuk membantu seseorang dalam menghadapi situasi yang sulit. Terlebih lagi saat kita tengah menghadapi momen penting dalam hidup seperti melakukan presentasi di kantor, mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan rutin, bahkan saat kita .  Saat merasa cemas, kita jadi berpikir segala kemungkinan terburuk yang dapat terjadi. Perasaan cemas sendiri muncul akibat adanya tekanan yang dialami manusia dan tekanan tersebut menyerang bagian otak. Perasaan cemas ini bisa berkembang menjadi berbagai masalah lain, seperti depresi, stres dan gangguan kesehatan fisik maupun jiwa Anda.
Untuk mengatasi rasa cemas itu, berikut ada 8 cara yang dapat dicoba :

1.  Latihan Pernapasan

Tutup mata Anda dan pusatkan perhatian pada pernafasan, tarik nafas dengan pelan melalui hidung dengan pernafasan diafragma bukan pernafasan perut, tahan perut Anda supaya tidak mengembang arahkan udara yang masuk ke diafragma dengan menarik diafragma anda ke rongga dada ketika Anda bernafas. Kemudian keluarkan nafas Anda secara perlahan melalui mulut. Anda akan merasakan bahwa kecemasan anda sedikit demi sedikit akan ikut keluar bersama hembusan nafas yang anda keluarkan melalui mulut. Lakukan latihan pernafasan tersebut dalam waktu kurang lebih selama 6 detik untuk setiap rangkaian nafas yang Anda lakukan, 3 detik untuk menarik nafas melaui hidung 3 detik lagi untuk mengeluarkannya melalui mulut. Lakukan latihan pernafasan itu sebanyak 5-10 kali dan Anda akan merasa lebih rileks dan nyaman.

2. Bayangkan hal yang menyenagkan

Bayangkan diri Anda berada di tepi sungai, taman favorit atau pantai. Dalam bayangan, perhatikan daun yang mengambang di sungi atau awan yang bergerak di langit. Bayangkan bahwa emosi dan pikiran Anda berada di awan dan daun itu. Kemudian amati saat awan dan daun itu menjauh dan melayang dari bayangan Anda. Kita terbiasa untuk memberi label setiap kejadian menjadi baik atau buruk, hingga memberikan emosi, pikiran, dan penilaian pada tiap kondisi. Pelabelan inilah yang membuat kecemasan semakin memburuk. Anggap saja bahwa semua yang terjadi itu merupakan hanya informasi. Hanya diri kita yang menilai baik atau buruknya. Menilai buruk hanya memperparah kecemasan Anda. 

3. Olahraga

Olah raga bisa mengurangi kecemasan yang sedang anda rasakan. Jenis olah raga yang anda pilih bisa bermacam-macam terserah anda, misalnya lari, bersepeda atau angkat beban. Olah raga tidak hanya bermanfaat secara fisik tetapi juga bermanfaat untuk membuang muatan-muatan negatif mental anda. Dengan berolah raga anda akan melawan pikiran-pikiran negatif anda dengan pikiran-pikiran positif, ingatan anda tentang masalah akan teralihkan oleh aktivitas olah raga yang sedang anda lakukan sehingga aktivitas itu akan membuang dan mengurangi beban-beban pikiran anda.
4. Tuliskan Pikiran

Pikiran Anda Jika anda sedang merasakan kecemasan, tuliskan apa pun yang sedang anda pikirkan dan rasakan ke dalam sebuah buku diary. Seringkali terjadi menumpahkan semua perasaan anda ke kertas seolah-olah anda telah menumpahkan semua beban anda keluar. Jangan terpaku memikirkan pikiran negatif anda, tumpahkan semuanya pada buku diary di hadapan anda. Keluarkan semua unek-unek dan kesedihan dari pikiran anda. Setelah anda menuliskan semua pikiran anda ke dalam buku diary perasaan anda akan lebih lega, plong dan nyaman. Beban pikiran anda akan terkurangi sehingga kecemasan anda akan berkurang.

5. Menarik diri sejenak

Ketika Anda menghadapi suatu masalah dan Anda merasa tidak dapat menyelesaikannya, tarik diri Anda keluar dari masalah. Maskudnya bukan untuk melarikan diri dari masalah. Tapi dengan menarik diri, Anda bisa melihat posisi Anda dan masalah yang sedang Anda hadapi. Sehingga Anda bisa mendapat titik permasalahannya dan bisa menemukan jawabannya. Karena selama Anda berdiam diri dalam masalah tersebut, akan semakin sulit Anda mencari jalan keluar. Ibarat ketika Anda sedang mencari jalan keluar dalam sebuah labirin, kalau Anda melihat dari atas, Anda dapat menemukan jalan keluarnya.

6. Percaya Diri

Rasa cemas muncul biasanya karena anda takut gagal mengerjakan sesuatu. Untuk itu anda sebaiknya menguasai hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan anda, secara otomatis rasa percaya diri anda akan muncul. Yakinkan diri anda pasti bisa mengerjakannya dengan baik.

7.  Ketahui Ketakutan Anda

Sebelum menjadi lebih cemas, lebih baik Anda mengetahui persis apa yang seringkali membuat Anda menjadi takut. Jangan biarkan ketakutan menguasai diri Anda, karena Anda bisa hilang kendali. Setelah mengetahui ketakutan Anda, ceritakan kepada teman dan keluarga yang cukup dekat dengan Anda. Orang-orang terdekat Anda tentu sudah mengenal karakter Anda dengan baik, sehingga mereka bisa memberikan masukan terbaik untuk Anda lakukan ketika sedang cemas. 

8. Berpikir Positif

Apa yang ada di pikiran Anda akan terwujud dari tindakan Anda. Memang tidak mudah untuk selalu memikirkan hal yang baik. Mulai sekarang, biasakan diri untuk tidak berprasangka buruk terhadap apapun yang terjadi. Pikiran negatif hanya membuat Anda selalu dalam keadaan cemas sehingga Anda selalu takut untuk melangkah atau mengambil keputusan. Dengan berpikir positif, Anda bisa dengan cepat mengambil keputusan dengan cukup rasional dan menjadi seorang pemberani. 


 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "8 Cara mengatasi kecemasan yang patut dicoba"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top