8 Tanaman Herbal yang bermanfaat dan mudah didapat


Pada saat ini minat masyarakat untuk memanfaatkan kekayaan alam yang ada di Bumi ini semakin meningkat. Para ilmuwan pun terus melakukan penelitian setiap manfaat tanaman yang ada, contohnya tanaman herbal. Tanaman herbal sendiri adalah tanaman / tumbuhan yang memiliki nilai lebih dalam pengobatan, sehingga dapat dijadikan bagian dalam pengobatan altenatif.

Indonesia sendiri yang terletak didaerah tropis memiliki keunikan dan kekayaan hayati yang sangat luar biasa, tercatat tidak kurang dari 30.000 jenis tanaman obat yang tumbuh di Indonesia, namum hanya beberapa tanaman yang telah mendapat izin untuk dapat diresepkan atau yang telah memiliki standar. Terlihat potensi yang masih belum digali masih sangat besar dalam pengembangan obat herbal terutama yang merupakan produk herbal asli Indonesia.

Berikut kita akan membahas mengenai beberapa tanaman herbal yang sangat mudah didapat dan ada disekitar kita.


1. Bawang Merah



Salah satu bumbu dapur ini sering digunakan untuk meredahkan suhu tubuh yang tinggi pada anak-anak. Cara meramu : Cuci lima butir bawang merah lalu kupas. Kemudian parut atau gerus dan tambahkan minyak kelapa atau minyak kayu putih secukupnya. Setelah itu balurkan ke tubuh anak, terutama bagian ubun-ubun, punggung, perut, paha, lengan dan telapak kaki. Selain dapat meredahkan suhu tubuh, bawang juga memiliki manfaat menyembuhkan sembelit, masalah pendarahan di hidung, mengontrol diabetes, melindung jantung dari penyakit koroner, mengontrol tekanan darah tinggi, mengontrol kadar kolesterol, mencegah kanker dan juga bisa membantu menyembuhkan gangguan saluran kemih. Mungkin ada sebagian orang yang tidak suka memakan atau mencium aroma bawang merah, namun itu bisa kita siasati dengan mencampur bawang pada salat, hamburger atau pun telur goreng.

2. Daun Salam




Salam merupakan tanaman yang tumbuh di pekarangan rumah maupun kebun. Kegunaannya sudah dikenal dari jaman dulu yaitu sebagai bumbu masakan khas indonesia. Sedangkan manfaat daun salam untuk kesehatan juga sudah banyak dibuktikan melalui penelitian resmi. Khasiat daun rempah yang satu ini dapat digunakan sebagai obat diare, menurunkan kolesterol dan diabetes, membuat gigi putih bersih, mengobati kencing manis, menurunkan tekanan darah, mengobati maag akut, mengatasi mabuk alkohol, meringankan sakit asam urat, mengobati diare secara alami dan bisa digunakan juga untuk menurunkan berat badan.

3. Daun Sirsak




Pada daerah-daerah tertentu informasi tentang khasiat daun sirsak diwariskan Secara turun temurun . Daun sirsak dimanfaatkan oleh orang-orang Indonesia untuk mengobati beberapa penyakit. Bahkan saat ini sudah ada dokter dan para herbalis yang meresepkan daun sirsak untuk mengatasi beberapa penyakit. Tidak hanya di dalam negeri, di Negara lainpun daun dan buah sirsak tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan pangan, tetapi juga dimanfaatkan untuk obat dan pestisida alami.

Fungsi utama dari daun sirsak yaitu membunuh sel-sel kanker pankreas, paru-paru, ginjal, pankreas, payudara, prostat, dan usus besar, leukemia, sedangkan kegunaan lainnya adalah:
-Mengeliminasi radikal bebas, mengeringkan sel kanker, menyembuhkan peradangan dalam tubuh, dan 
  terutama meningkatkan stamina pasien agar tubuh tidak lemah.
-Menyembuhkan peradangan, misalnya radang tenggorokan, usus, pencernaan, ambeien, dan diabetes.
-Mencegah dan menyembuhkan asam urat
-Menyembuhkan penyakit kadar kolesterol jahat yang tinggi.
-Bagi pria, daun sirsak menambah jumlah dan memperkuat sperma.
-Meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Jahe




Khasiat jahe selain untuk bumbu memasak juga merupakan herbal alami yang sangat bagus untuk mengatasi beberapa masalah atau penyakit di dalam tubuh yang cukup ampuh, selain itu aman untuk dikonsumsi karena tidak menimbulkan efek samping seperti obat-obatan kimia yang beredar di pasaran. Jahe efektif untuk mencegah mabuk perjalanan, perut kembung, gangguan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, menjaga kadar kolesterol tetap sehat, mengurangi demam dan batuk, membantu meredakan nyeri punggung dan sakit kepala migrain, meningkatkan pergerakan sendi. Selain itu jahe bermanfaat untuk merawat orang dengan gula darah tinggi dan penderita tekanan darah tinggi.

5. Jambu Biji



Merupakan buah nikmat yang tumbuh subur di area tropis. Berasal dari dataran Brasil dan mulai memasuki Negara Asia Tenggara seperti Indonesia melalui Thailand. Jambu ini biasanya berwarna hijau saat mentah dan berwarna hijau kekuningan saat matang. Ada juga beberapa jenis yang berwarna hijau tua saat mentah dan berwarna hijau cerah saat matang. Bagian dalam buah ini biasanya berwarna merah ataupun putih dengan biji berwarna agak kekuningan. Rasanya percampuran antara manis dan asam, namun lebih dominan manis. Pohonnya sangat mudah tumbuh sehingga bukan perkara yag sulit menjumpainya tumbuh secara liar. Jambu biji dapat digunakan untuk Diabetes, Obat sakit maag, obat sakit perut, masuk angin, sering kencing, radang usus besar, sariawan, sakit kulit, obat luka baru dan demam berdarah.

6. Kunyit



Kunyit atau yang juga disebut kunir (jawa) merupakan jenis tanaman rempah yang mudah dijumpai banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman yang satu ini sudah dikenal lama akan khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan. Selain itu di wilayah asia tenggara tanaman ini juga mudah di jumpai sebagai bahan masakan di dapur. Khasiat kunyit sudah tidak diragukan lagi dalam dunia medis terutama jenis pengobatan tradisional. Hal tersebut sangat wajar mengingat kunyit memiliki banyak mengandung zat-zat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kunyit dapat digunakan untuk memperlancar ASI, melancarkan haid, obat diabetes militus (kencing manis), untuk menambah darah, obat disentri, serta dapat digunakan juga untuk mencegah kanker dan tumor.

7. Sawi Hijau




Sayur sawi biasanya berupa tumisan dengan berbagai sayuran lain. Berbagai jenis olahan makanan yang dijual, biasanya lebih memilih sawi hijau ketimbang berbagai jenis sayuran lain. Ini karena sawi memilki rasa khas enak yang tetap nikmat kalau dicampur dengan berbagai macam makanan. Selain itu, bagi yang menyukai sawi terdapat banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh dari manfaat kandungan gizinya.  Sawi hijau mempunyai manfaat menjaga kulit dan rambut, menyehatkan tulang, mencegah kanker, mengobati diabetes, mencegah sembelit, mempertahankan pencernaan yang sehat, serta dapat juga membantu untuk tidur dan suasana hati. Namun ada baiknya bagi penderita batu ginjal untuk tidak berlebihan dan lebih hati-hati dalam mengkonsumsi sawi hijau, karena sawi hijau memiliki kandungan vitamin K lebih dari 500 Mg.
8. Ubi Rambat



Ubi rambat atau yang disebut juga Ubi Jalar adalah tanaman umbi umbian yang memiliki kadar karohidrat yang tinggi. Ubi rambat dulu dikenal sebagai makanan pedesaan, kini telah dikenal secara luas didunia. Hal ini karena telah diketahui jika ubi yang rasanya manis dan lezat ini banyak mengandung nutrisi penting bagi kesehatan. Kandungan utama nutrisi dalam ubi jalar seperti Vitamin A, C dan E, beta karoten, magnesium, kalium dan juga kaya oksidan. Ada banyak jenis varietas ubi jalar,  biasanya yang kita tahu dari perbedaan warna seperti oranye, putih, kuning, merah dan warna ungu. Ubi rambat dapat dimanfaatkan untuk mencegah kanker, mengontrol gula darah, anti penuaan dini, membuat kulit tampak lebih sehat, merawat elastisitas kulit, mencegah serangan jantung dan juga mampu menurunkan tingkat stress serta kram otot.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "8 Tanaman Herbal yang bermanfaat dan mudah didapat"

Bagus infonya :)
kita bisa memanfaatkan tanaman herbal yg ada di sekeliling kita, apalagi berkhasiat sekali di jadikan obat.
Ijin berbagi, Ternyata Tanaman Herbal Ini ada di Sekitar kita

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top