6 Cara ampuh menghilangkan rasa malas


Ketika malas melanda maka semuanya akan terbengkalai. Dimulai dari kerjaan, tugas rumah tangga sobat hingga salah satu kegiatan wajib kita sebagai  makhluk beragama yaitu beribadah. Tidak ada yang dapat mengalahkan rasa malas ini kecuali dengan berusaha memulai. Memulai setiap tugas yang sobat miliki walaupun terasa cukup berat. Malas tidak peduli dimana dan kapanpun, ketika rasa itu melanda maka hilang produktivitas sobat.

Namun walaupun kelihatannya sangat berbahaya bukan berarti tidak ada cara untuk mengatasinya. Banyak cara yang dapat sobat lakukan untuk mengatasi malas tersebut , bisa dari dalam diri sendiri ataupun mendapat bantuan motivasi dari orang terdekat sobat.

Dari pada panjang lebar lagi, berikut 6 cara efektif untuk mengatasi rasa malas.

1. Segera mulai, jangan ditunda lagi


Saya percaya satu hal, ketika sobat akan melakukan sesuatu, yang sulit bukanlah mengerjakannya melainkan memulai untuk mengerjakan. Saat semua telah dimulai maka akan terasa lebih ringan untuk dijalani. Kuatkan niat sobat untuk memulainya, coba bayangkan bagaimana tugas tersebut telah dilaksanakan, mungkin sobat bisa nonton dvd, berbaring atau browsing-browsing di internet. 

Mengenai menunda sesuatu, saya ingat sebuah idiom dari jepang(kalau tidak salah), “ menunda pekerjaan berarti menambah pekerjaan dimasa yang akan datang”. Pendapat tersebut menurut saya memang benar adanya, ketika sobat menunda pekerjaan bukan berarti pekerjaan tersebut tidak akan sobat kerjakan lagi kedepannya. Tetapi pekerjaan tersebut masih menunggu untuk dikerjakan dan akan bertambah dengan pekerjaan pekerjaan baru yang telah siap untuk sobat kerjakan.

2. Buat list kerjaan dan tuliskan kemajuannya


Kerjaan yang menunggu biasanya tidak hanya satu, bisa 2 bahkan lebih. Menurut pengalaman yang pernah saya alami, buatlah list kerjaan yang telah menunggu. Buat berurutan dimulai dari yang paling penting terlebih dahulu atau bisa juga dimulai dari yang paling sulit. Ketika yang paling sulit telah selesai dikerjakan maka kita akan mendapat motivasi tambahan untuk mengerjakan tugas selanjutnya.

Tulis secara sederhana tugas-tugas apa saja yang menunggu sobat , jika ingin lebih mudah diingat bisa menggunakan stick note berwarna atau sobat bisa juga memanfaatkan smartphone yang sobat miliki. Jika satu tugas telah selesai dikerjakan jangan lupa sobat tandai untuk melihat kemajuan kita, jika perlu tambahkan juga total waktu yang sobat butuhkan untuk mengerjakan tugas tersebut

3. Perlu adanya motivasi


Seperti yang  telah saya katakan pada awal postingan tadi, jika sobat membutuhkan motivasi untuk menghilangkan rasa malas,  baik itu dari dalam atau dari luar diri sobat. Dari dalam diri sobat contohnya sobat dapat mulai memikirkan apa manfaatnya jika tugas tersebut telah selesai sobat kerjakan.

Jika dari luar diri sobat, saya rasa motivasi dari  orang terdekat kita akan sangat berguna untuk menghilangkan rasa malas tersebut. Jangan malu untuk mengingatkan mereka agar dapat selalu memotivasi sobat.

4. Hindari mengerjakan sesuatu di kasur atau di sofa


Jika tugas yang menunggu sobat bukan sebuah tugas yang mengharuskan sobat menggunakan fisik sepenuhnya, seperti mencuci mobil dan motor, mengurus tanaman dikebun atau apapun itu, maka sebisa mungkin hindari mengerjakan hal tersebut dikasur dan disofa.  Contohnya ketika sobat akan mengerjakan tugas menggunakan laptop maka biasanya kita akan mencari posisi paling enak. Posisi yang enak dalam mengerjakan memang penting, namun keenakan dalam posisi tersebut malahan cukup berbahaya.

Tubuh akan mulai terpengaruh dengan kelembutan dan kenyamanan sofa atau kasur, sehingga membuat anda menjadi lebih malas. Duduk tegak dengan posisi laptop di atas meja adalah posisi yang ideal dalam mengerjakan tugas menggunakan laptop.

5. Lakukan olahraga ringan


Olahraga terlalu berat akan membuat sobat semakin malas untuk bergerak. Olahraga yang ideal adalah olahraga yang sobat sesuaikan dengan kemampuan sobat, tidak perlu terlalu berat. Ketika olahraga tersebut telah dapat membuat sobat semakin segar dan terasa bugar, maka itu adalah porsi olahraga yang pas buat sobat.

Ada beberapa orang yang akan menggenjot habis-habisan tenaganya saat berolahrga untuk mendapat kebugaran. Tetapi bukan kebugaran yang mereka dapat melainkan kelelahan dan membuat tubuh semakin malas untuk bergerak. Jadi, sesuaikan porsi olahraga sobat.

6. Hadiah dan manjakan diri anda


Ketika tugas anda telah selesai maka saatnya untuk memberikan hadiah kepada diri sobat dan nikmatilah. Hadiah tersebut merupakan hasil perjuangan sobat ketika telah berhasil melawan rasa malas.

Jangan sungkan-sungkan bahkan pelit saat akan memanjakan diri sendiri. Anggaplah ini sebagai sebuah penghargaan bagi diri anda karena telah berhasil mengerjakan tugas. Dengan cara ini akan membuat sobat termotivasi lagi saat akan mengerjakan tugas selanjutnya sehingga tidak ada rasa jera.

Apapun kerjaan sobat dan betapa beratnya tugas sobat, ingatlah jika sobat masih memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikannya. 

Demikian postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi sobat-sobat. Jika dirasa bermanfaat, tidak ada salahnya jika sobat share dengan teman-teman sobat.
 
Dikutip dari berbagai sumber
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "6 Cara ampuh menghilangkan rasa malas"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top